Biografi BJ Habibie: Profil, Karier, dan Sepenggal Kisah Hidupnya

BJ Habibie adalah presiden ketiga Republik Indonesia yang diangkat setelah lengsernya Presiden Soeharto. Ia juga dianggap sebagai bapak pesawat terbang, karena ia berhasil membuat rtp slot pesawat terbang pertama di Indonesia.
Situs perpusnas.go.id memberitakan https://www.destincrustpizzeria.com/ bahwa ia bergabung dengan ITB setelah lulus SMA di Bandung pada tahun 1954. Ia menerima gelar diploma dari Universitas Teknik Jerman pada tahun 1960 dan gelar PhD dari universitas yang sama pada tahun 1965.

Di bawah ini biografi lengkap BJ Habibie

Nama : Bacharuddin JUSUF HABIBIBIE

Tanggal : 25 Juni 1936

Tanggal Lahir : ParePare, ParePare, Sou TH SULAWESI Mar INI PUSPOWARDOJO

8 orang ke 4 bersaudara

Istri: Hasli Ainun Habibi

Anak: Ilham Akbar dan Tare Ku Kemal

BJ Habibi belajar teknik mesin di Universitas Teknologi Bandung dan pada tahun 1954. Namun, ia belajar di sana hanya selama enam bulan.

Pasalnya, setahun kemudian, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Teknologi Rhine-West Fällisch (RWTH) di Aachen.

Karir BJ Habibie

Karir BJ Habibie di pemerintahan Indonesia dimulai pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Ia diminta pulang dari Jerman dan menjabat Wakil Menteri Riset dan Teknologi pada tahun 1978 hingga Maret 1998.

Pada krisis tahun 1998, Soeharto mengundurkan diri dan mengangkat BJ Habibie sebagai Presiden ketiga Indonesia mulai 1 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Bapak Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden ke-7 Kabinet Pembangunan ke-7 di bawah pemerintahan Suharto dari 14 Maret 1998 hingga 21 Mei 1998.

Sebelum kembali ke Indonesia, Habibi sudah lebih dulu meniti karir di Jerman. Mantan presiden tersebut diketahui bekerja di berbagai maskapai penerbangan dan perusahaan manufaktur pesawat Jerman usai menikah dengan istrinya Hasli Ainun Besari.

BJ Habibi bersama insinyur dari perusahaan Spanyol CASA merancang proyek pesawat CN-235, yang prototipenya berhasil terbang pada akhir tahun 1983.

Kecerdasan dan pengalaman BJ Habibi membawanya berhasil membangun pesawat pertama Indonesia pada tahun 1995 yaitu N250 Gatkaka.

BJ Habibi bekerja sama dengan tim Industri Pesawat Terbang Indonesia (IPTN) merancang pesawat baling-baling bernama N-250 Gatot Kaka yang mampu menampung kurang lebih 50 penumpang dan dapat diperluas hingga 70 orang.

Artikel lengkap Detikedu “Biografi BJ Habibie: Profil, Karir dan Inspiratifnya Baca ‘Kisah Hidup’ – Dan – Kisah Hidup yang Menginspirasi.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *