soeharto


Soeharto, nama lengkapnya adalah Raden Soeharto, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di desa Kemusuk, Yogyakarta, Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Ia adalah Presiden Indonesia kedua yang menjabat dari tahun 1967 hingga 1998. Soeharto menjadi heylink slot salah satu figur yang sangat berpengaruh dalam sejarah modern Indonesia.

Soeharto memulai kariernya di militer. Pada masa pendudukan Jepang selama Perang Dunia II, ia bergabung dengan romusha, atau pekerja paksa yang bekerja untuk Jepang. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tahun 1945, Soeharto bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan memainkan peran penting dalam Perang Kemerdekaan melawan Belanda.

Ketika Soekarno masih menjadi presiden, Soeharto menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Pada tahun 1965, ketegangan politik meningkat di Indonesia, dan terjadi peristiwa yang dikenal sebagai Gerakan 30 September, yang mengakibatkan pembunuhan enam perwira tinggi TNI. Soeharto memimpin pasukan untuk menumpas gerakan tersebut dan memulihkan ketertiban.

Pada tahun 1966, Soeharto mengambil alih kekuasaan dari Soekarno dan menjadi presiden de facto. Pada tahun 1967, ia secara resmi diangkat sebagai Presiden Indonesia yang kedua. Di bawah kepemimpinannya, Soeharto menerapkan kebijakan pembangunan ekonomi yang dikenal sebagai “Orde Baru”. Kebijakan ekonomi ini berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, meskipun juga disertai dengan kritik terhadap otoriterisme dan korupsi yang merajalela.

Selama masa jabatannya, Soeharto mengkonsolidasikan kekuasaan politiknya dan mengendalikan Indonesia dengan tangan besi. Dia juga terlibat dalam beberapa kontroversi besar, termasuk pemaksaan integrasi Timor Timur ke dalam wilayah Indonesia dan kebijakan transmigrasi yang kontroversial. Selama akhir masa pemerintahannya, terjadi krisis keuangan dan protes yang memuncak, yang akhirnya memaksa Soeharto mengundurkan diri pada tahun 1998.

Soeharto meninggal dunia pada tanggal 27 Januari 2008, di Jakarta, Indonesia. Meskipun meninggalkan warisan yang kontroversial, Soeharto tetap diingat sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia modern.

By admin2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *