Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengucapkan bahwa tahun ini partainya akan menggelar musyawarah nasional (Munas) untuk memilih Ketua Umum.

\\”Sudah menjadi keputusan bahwa tahun ini kita munas,” kata Bamsoet di Rumit Parlemen Senayan, Jumat (8/3/2024).

Bamsoet menyebut, terdapat 4 nama yang akan beradu tanding. Pertama dirinya, kemudian nama Ketum incumbent Airlangga Hartarto, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ada setidaknya santer 4 bunyi yang muncul di permukaan yang akan beradu di forum munas tahun ini. Ada Pak Airlangga, kemudian gates of olympus ada Pak Agus Gumiwang, kemudian ada Pak Bahlil, dan ada saya,” kata ia.

Kecuali itu, berkaitan informasi Presiden Joko Widodo akan menjadi Ketum, Bamsoet mempersilakan bertanya ke Jokowi.

Namun, ia menegaskan partainya merupakan partai yang terbuka.

\\”Kalau Golkar sih terbuka. Sebagaimana posisi ketua biasa kami, karenanya kita sebagau partai terbuka mendapatkan siapa saja,” pungkas ia.

Kabar Jokowi Serta Ramaikan Bursa Calon Ketum Golkar

Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai suasana kebatinan yang dekat dengan partai berlambang pohon beringin itu.

Ia menyebut, bila Partai Golkar amat terbuka bila Presiden Jokowi benar mau bergabung.

\\”Hubungan Pak Jokowi dengan Golkar, saya kaprah suasana kebatinannya memang dekat, bebas, ada komunikasi, saya saja bukan pengurus Golkar cuma sebagai sekarang ketua dewan penasihat (pembina) bapilu, bila ada komunikasi, itu ndak begitu sulit,\\” kata Idrus ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).

Kemudian Golkar ini merupakan partai yang go public, bukan milik siapa siapa, malahan kita biasa mengatakan, Golkar ini milik masyarakat. Siapa saja ayo gabung, enggak ada larangan. Dikala,\\” sambungnya.

Ia ditanya apakah memungkinkan Presiden Jokowi bergabung ke Golkar dan menjadi ketua biasa. Ia malahan menyajikan bahwa dalam internal Partai Golkar ada levelnya.

Pergantian Ketum Saya di Munas

Idrus menjelaskan, dalam internal Golkar, pengerjaan penentuan atau pergantian ketua biasa termasuk pengubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai, ada dalam forum Musyawarah Nasional (Munas).

\\” kaprah seluruh ada peraturan. Ada mekanisme yang ada. Dan mekanisme itu dapat dibicarakan di Munas, sebagai institusi tertinggi penentu kebijakan kebijakan. AD/ART diubah di situ, ketua biasa diubah di situ, peraturan diciptakan di situ,\\” jelas ia.

Lebih lanjut, Idrus mengakui, bahka komunikasi antara Presiden Jokowi dengan Partai Golkar terus dilaksanakan. Dari komunikasi hal yang demikian, Presiden tampak Jokowi menunjukan keakrabannya.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *