Jakarta Ibnu Malik adalah salah satu tokoh Islam yang sagat berimbas. Ibnu Malik mempunyai nama orisinil adalah Muhammad bin Abdullah bin Malik ath-Tha’i al-Jayyani. Ia lahir di Jaen, Al Andalus pada tahun 600 H.

Ibnu Malik juga termasuk salah satu ulama penulis kitab gramatika dan morfologi bahasa Arab yang karyanya dipelajari secara luas di dunia Islam, termasuk Indonesia. Untuk itu, namanya sudah tidak asing lagi bagi umat Muslim.

Ibnu Malik diketahui sebagai seseorang yang spesialis tata bahasa Arab dan sejarawan. Karya tulisnya yang paling terkenal adalah Kitab Alfiyah Ibnu Malik, sebuah karya monumental yang membahas sebagian besar konsep dan terminologi dalam bahasa Arab.

Berikut ulas mengenai biografi Ibnu Malik dan karya-karyanya yang sudah dirangkum dari bermacam-macam sumber, Kamis (16/11/2023).

Ibnu Malik adalah salah satu ulama penulis kitab gramatika dan morfologi bahasa Arab yang karyanya dipelajari secara luas di dunia Islam, termasuk Indonesia. Ibnu Malik mempunyai nama orisinil adalah Muhammad slot depo qris bin Abdullah bin Malik ath-Tha’i al-Jayyani. Ia lahir di Jayyan atau Jaen, sebuah kota kecil di Al Andalus (Spanyol) yang sekarang adalah salah satu provinsi di Spanyol pada tahun 600 H.

Ibnu Malik juga terkenal sebagai seseorang yang spesialis dalam bidang Bahasa Arab dan Nahwu. Dikutip dari laman NU Online, semasa kecil Ibnu Malik sudah mencari ilmu diberbagai ulama dan negara, salah satu guru beliau adalah Syaikh Al-Syalaubini. Sesudah mengijak usia dewasa, Imam Ibnu Malik, berangkat ke Timur Tengah untuk menunaikan ibadah haji, dan diteruskan mencapai ilmu di Damaskus. Di Negeri Syam, dia belajar ilmu dari sebagian ulama setempat, antara lain adalah Al-Sakhawi, Syaikh Ibnu Ya’isy Al-Halaby, Syeikh Hasan Bin Shabbah, Syeikh Ibnu Abi Shaqr, Syeikh Ibnu Najaz Al-Maushili, Ibnu Hajib, Ibnu Amrun dan Muhammad bin Abi Fahdhal al-Mursi.

Di kota Damaskus dan Aleppo (Halab) nama Ibnu Malik mulai diketahui serta dikagumi oleh para ilmuan, hal ini sebab cerdas dan pemikirannya bening. Ia banyak menampakkan teori-teori nahwiyah yang mengambarkan teori-teori Mazhab Andalusia, yang jarang diketahui oleh orang-orang Syiria waktu itu.

By admin7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *