Gunung Ibu kembali erupsi pada Rabu (8/5/2024), pukul 11.11 WIT. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menceritakan, tinggi kolom letusan Gunung Ibu teramati mencapai 1.500 meter di atas puncak, atau sekitar 2.825 meter di atas permukaan laut.

Masyarakat dan pelancong yang berada di sekitar Gunung Ibu dilarang beraktivitas di dalam radius 2 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Kalau terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

Semua pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak terang sumbernya. Masyarakat agar selalu mencontoh arahan dari Pemerintah Daerah.

Pemerintah Kabupaten Halmahera https://www.freevirtualworldonline.com/ Barat agar selalu berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung atau dengan Pos Pengamatan Gunung Ibu di Gam Ici untuk mendapatkan isu lantas seputar aktivitas Gunung Ibu.

Sepanjang 2024 Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, tercatat telah meletus sebanyak 79 kali. Hingga hari ini, Rabu, 8 Mei 2024, pukul 10.00 WIB, Gunung Ibu masih bersatatus Waspada (Level II).

Tentang Gunung Ibu
Gunung Ibu adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Halmahera dengan ketinggian mencapai 1.325 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di Kabupaten Halmahera Barat dan adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Walaupun demikian, Gunung Ibu memiliki kekuatan tarik yang besar bagi para pendaki yang mencari pengalaman mendaki yang menantang serta keindahan alam yang spektakuler.

Salah satu hal menarik dari Gunung Ibu adalah kawahnya yang spektakuler. Kawah ini memiliki diameter sekitar 1 kilometer dan dikelilingi oleh dinding kawah yang curam. Di dalam kawah terdapat sebagian kubah lava yang terbentuk akibat letusan-letusan gunung berapi sebelumnya. Panorama dari bibir kawah ini betul-betul mengagumkan dan menjadi kekuatan tarik utama bagi para pendaki yang berharap menyaksikan keindahan alam yang unik.

Perjalanan menuju puncak Gunung Ibu tidaklah gampang. Trekking menuju puncak bisa memakan waktu sekitar 2-3 hari tergantung pada kecepatan dan kondisi jasmani pendaki. Selama perjalanan, pendaki akan melalui beraneka variasi vegetasi termasuk hutan hujan tropis, padang rumput, dan batu-batuan vulkanik. Kecuali itu, pendaki juga akan melalui sebagian sungai dan lembah yang menambah tantangan perjalanan.

Melainkan, setiap pengorbanan yang dilalui akan terbayar lunas saat mencapai puncak Gunung Ibu. Dari puncak, pendaki akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Dari sini, mereka bisa mengamati pemandangan alam yang luas, termasuk pemandangan kawah yang memikat dan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Halmahera. Estetika alam yang mengagumkan ini membikin Gunung Ibu menjadi destinasi yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam.

Kecuali keindahan alamnya, Gunung Ibu juga memiliki keunikan geologi yang menarik. Gunung ini adalah salah satu gunung berapi yang terbentuk akibat aktivitas subduksi lempeng di bawah Laut Banda. Hal ini menjadikan Gunung Ibu memiliki potensi letusan yang tinggi. Walaupun demikian, Gunung Ibu konsisten menjadi tujuan populer bagi para pendaki yang mencari pengalaman mendaki yang menantang.

Bagi para pendaki yang berminat untuk mendaki Gunung Ibu, ada sebagian hal yang perlu diamati. Pertama, pastikan untuk membawa perlengkapan pendakian yang memadai dan memadukan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca di tempat hal yang demikian. Kedua, selalu ikuti petunjuk dan arahan dari pemandu lokal yang berpengalaman. Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat mendaki.

Gunung Ibu adalah destinasi yang sempurna bagi para pendaki dan pecinta alam yang mencari pengalaman mendaki yang menantang serta keindahan alam yang mengagumkan. Dengan pemandangan kawah yang spektakuler dan pemandangan alam yang luas, Gunung Ibu akan memberikan pengalaman mendaki yang tidak terlupakan. Jadi, seandainya Anda mencari petualangan di tengah keindahan alam Indonesia, jangan lewatkan kans untuk mendaki Gunung Ibu di Pulau Halmahera.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *