Sebelumnya, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) dikenal menutup pabrik di Purwakarta, Jawa Barat pada 30 April 2024 lalu. Merespons itu, Kementerian Perindustrian berencana memanggil manajemen perusahaan.

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni mengatakan pemanggilan terhadap manajemen Bata akan dikerjakan dalam waktu dekat. Ia akan minta penjelasan terkait penutupan pabrik Bata di Purwakarta hal yang demikian.

\\”Kami akan panggil industri alas kaki Bata,\\” kata Febri dikala ditemui di Kantor Kemenperin, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Ia melihat, perusahaan Bata sendiri mayoritas daftar joker123 bergerak di bidang ritel. Kemudian, produk yang dijajakan diisi oleh produk impor. Sementara, manufaktur di Indonesia sendiri hanya beberapa kecil yang memproduksi sepatu.

\\”Manufaktur bata sendiri hanya beberapa kecil yang memproduksi sepatu, itu malah bahan bakunya berasal dari impor. Nah kami menyajikan ada kebijakan lartas (larangan dan pengontrolan) semoga kebijakan lartas untuk alas kaki dapat dimanfaatkan oleh industri alas kaki nasional untuk mulai membangun pabrik di Indonesia,\\” jelasnya.

Perkuat Pabrik
Ia menjelaskan, lartas berlaku untuk barang jadi yang diimpor ke Indonesia. Sementara, untuk bahan baku tak terkena batasan masuk bagi industri.

Ia mau, perusahaan produsen alas kaki seperti Bata dapat memanfaatkan hal hal yang demikian guna mensupport pembangunan pabrik di dalam negeri. Harapannya lagi, dapat membuka lapangan kerja.

\\”Kami sarankan (Bata) perkuat lagi pabriknya di Indonesia. Kebijakan lartas itu untuk memdorong invetasi di industri alas kaki di sektor industri yang kena lartas itu masuk, bangun pabrik di Indonesia,\\” sebutnya.

Berhubungan penyebab dihentikannya produksi pada pabrik Bata di Purwakarta, Febri ogah berspekulasi. Pasalnya, pada posisi ini Kemenperin bertindak sebagai regulator industri. \\”Kita pantau berita, jika itu taktik bisnisnya kan bagaimana. Kami enggak dapat apa-apa, kan kami sebagai regulator,\\” pungkasnya.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *