Raja Punawarman ialah raja ketiga sekaligus menjadi raja terbesar di Kerajaan Tarumanegara yang menyuruh selama kurang lebih 39 tahun dari 395-434 masehi.

Kerajaan Tarumanegara sendiri ialah salah satu kerajaan tertua di nusantara yang muncul pada permulaan abad ke-5 Masehi di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Kerajaan ini didirikan oleh Jayasingawarman pada tahun 358 M dan menempuh masa kejayaan di bawah kepemimpinan Purnawarman, cucu dari pendiri kerajaan tersebut.

Kerajaan Tarumanegara juga menjalin kekerabatan diplomatik slot spaceman dengan Cina pada abad ke-7 Masehi. Dalam aspek sosial-ekonomi, kerajaan ini mengamati kemakmuran rakyatnya dengan membangun infrastruktur seperti kanal untuk irigasi dan pelayaran.

Silsilah Raja Punawarman Purnawarman dilahirkan pada tanggal bagian gelap bulan Palguna di tahun 294 Saka, atau kaprah-kaprah di tanggal 16 Maret 372 Masehi. Ia ialah si kecil dari Maharaja Dharmayawarman (raja kedua Kerajaan Tarumanegara) dan cucu dari Jayasingawarman, pendiri Kerajaan Tarumanegara.

Segala raja yang memimpin di Tarumanegara menyandang nama warman di belakangnya, hal tersebut mengisyaratkan jikalau mereka segala berada dalam satu dinasti yang sama. Masa Berkuasa Raja Purnawarman

Raja Purnawarman sudah dinobatkan menjadi Raja Tarumanegara kaprah-kaprah pada tanggal 12 Maret 395 Masehi di usia 23 tahun. Ia naik tahta menggantikan sang ayah, Maharaja Dharmayawarman. Zaman Purnawarman bisa dibilang jadi era keemasan bagi Kerajaan Tarumanegara.

Di bawah kepemimpinannya, Tarumanegara cakap memperluas kawasan kekuasaannya sampai meliputi hampir segala Jawa Barat. Tidak hanya itu, Kerajaan Tarumanegara juga cakap menjalin kekerabatan politik dengan China. tersebut membuat membuat jalur perdagangan dan pelayaran Tarumanegara terbilang lebih lancar ketimbang kerajaan nusantara lain pada dikala itu.

Dengan perdagangan dan pelayaran yang lancar itu membuat perekonomian di kerajaan ini juga maju, dibeberkan dengan raja yang memberikan sedekah 1.000 ekor sapi kepada para Brahmana. Peninggalan Raja Punawarman Kemajuan Kerajaan Tarumanegara ini juga ditunjang dengan banyaknya peninggalan prasasti yang muncul di era kepemimpinan Raja Purnawarman.

By admin7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *