Meski Shirley Chisholm membuat sejarah sebagai kandidat presiden perempuan kulit hitam pertama Amerika Serikat, namanya masih kurang diketahui dibandingi tokoh-tokoh penting seperti Martin Luther King, Jr. Dengan adanya film biografi Shirley yang dirilis pada 22 Maret lalu, Netflix berharap nama Shirley semakin diketahui banyak orang.

Shirley Chisholm sendiri memiliki karier yang cemerlang di Kongres dalam memberi bimbingan politisi kulit hitam hingga kematiannya pada tahun 2005. Diberitakan slot mahjong dari Time, berikut beberapa hal yang perlu kau kenal tentang salah satu perempuan berdampak di Amerika Serikat ini.

Film Biografi Shirley
Film yang disutradarai John Ridley ini berkonsentrasi pada pencalonan presiden bersejarah Shirley pada tahun 1972 dan artis multitalenta Regina King terpilih menjadi pemeran utama. Untuk perannya hal yang demikian, Regina hingga membenamkan diri dalam arsip dan memperdengarkan rekaman bunyi Shirley hingga ia bisa menangkap esensinya. Salah satu quote Shirley Chisholm yang paling terkenal yakni If you burn down the Empire, all that’s left to rule over are ashes.

Shirley lahir di Brooklyn pada 30 November 1924 dan kedua ayah dan bundanya bekerja di pabrik karung goni. Adalah seorang siswa cerdas, Shirley memenangkan beberapa beasiswa, tapi opsinya jatuh pada Brooklyn College.

Ia mempelajari pendidikan anak umur dini di Teachers College, Universitas Columbia, dan mendidik di taman kanak-kanak selama bertahun-tahun. Pada tahun 1959, ia mengawasi sepuluh pusat penitipan anak di New York.

Karier Shirley di Bidang Politik
Setelah aktif di beberapa klub Demokrat lokal, Shirley memenangkan bangku Majelis Negara Komponen New York pada tahun 1964. Empat tahun kemudian, ia menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menjabat sebagai member Kongres. Selama menjabat sebagai member Kongres, ia menuntut supaya komite pertanian diberhentikan sebab mahasiswa baru lazimnya tidak banyak bicara dalam tugas komite.

By admin7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *