Berita Kesehatan

7 Sayuran yang Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting dalam menghilangkan kotoran dan racun yang terdapat di dalam tubuh. Untuk itu penting untuk menjaga ginjal agar tetap bekerja dengan normal. Salah satu hal yang bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa sayuran yang dapat membantu kamu menjaga kesehatan ginjal. Kira-kira ada apa saja, ya?

Sayuran Membantu Kesehatan Ginjal

1. Kubis

Pertama yang akan kami bahas adalah Kubis, salah satu sayuran yang memiliki gizi lengkap dan baik untuk menjaga ginjal tetap sehat. Bahkan sayuran yang mengandung antioksidan ini memiliki manfaat yang baik untuk melawan radikal bebas berbahaya yang ada di dalam tubuh kita. Inilah yang dapat membantu dalam mengurangi risiko kanker di dalam tubuh dan disfungsi ginjal.

2. Asparagus

Tahukah kamu di dalam Asparagus terdapat kandungan asparagine yang dapat membuat sayuran ini memiliki aroma kuat. Tetapi kandungan ini ternyata memiliki manfaat untuk membantu membersihkan ginjal dan bahkan menurunkan risiko penyakit gagal ginjal. Bukan hanya itu saja, di dalam sayuran ini pun terdapat antioksidan, vitamin c, dan serat.

3. Kembang Kol

Kembang Kol ternyata merupakan salah satu sayuran yang kaya dengan vitamin C, folat, serat, dan juga senyawa. Ini adalah sayuran yang dapat membantu menetralisis zat beracun di dalam tubuh. Tetapi bukan berati kamu dapat dengan bebas mengonsumsi kol goreng, ya, karena kol goreng malah akan membuat memberikan efek buruk pada tubuh jika dikonsumsi dalam waktu panjang.

4. Paprika Merah

Mungkin kamu cukup jarang menemukan Paprika Merah dalam masakan Indonesia, tapi ternyata sayuran ini memiliki banyak manfaat, loh. Sayuran dengan warna yang cantik ini memiliki kandungan vitamin C, B6, A, asal folat dan serat yang membuatnya menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi. Bukan hanya itu saja, sayuran ini pun bisa melindungi kita dari kandungan lucopene antioksidan yang ada di dalamnya.

5. Bawang Putih

Banyak orang yang kurang suka dengan bawang putih karena memiliki bau yang cukup menyengat. Padahal bawang putih memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Di dalam bawang putih terdapat kandungan quercetin yang dapat mencegah kerusakan ginjal, bahkan untuk para perokok. Bawang putih pun dapat membantu tubuh menghilangkan garam, sehingga ginjal bisa menghasilkan natrium menjadi lebih banyak lagi.

6. Lobak

Lobak adalah sayuran dengan tekstur yang renyah dan biasanya ditambahkan ke dalam menu makanan untuk ginjal yang sehat. Hal itu karena lobak memiliki kandungan kalium rendah, namun kaya akan fosfor dan juga nutrisi penting lain. Bukan itu saja, makanan ini pun terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan juga karatak.

7. Jamur Shiitake

Terakhir yang akan kami bahas adalah Jamur Shiitake, makanan yang biasa digunakan untuk menjadi pengganti daging bagi mereka yang sedang menjalani diet ginjal. Biasanya mereka memilih jamur shiitake karena dapat membantu membatasi protein. Sayuran ini pun kaya akan vitamin B, tembaha, mangan, dan selenium. Bukan hanya itu saja, jamur shiitake pun memiliki beberapa protein nabati dan juga serat rendah potassium.

Nah, itulah beberapa sayuran yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal menjadi lebih baik. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sayur-sayuran tersebut jika dikonsumsi secara rutin.

 

You may also like...